Selasa, 04 November 2008

TIPS MEMILIH KARTU KREDIT

Tulisan saya kali ini ditujukan untuk anda yang sudah menjatuhkan pilihan mempunyai kartu kredit.

Tidak sedikit bank yang menerbitkan kartu kredit. Hampir semua bank besar menerbitkan kartu utang ini. Dari sekian banyak penawaran mana yang akan anda pilih? Berikut hal-hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan.
1. Iuran tahunan. Jika anda pengguna baru KK,lebih baik anda memilih KK yang menawarkan bebas iuran tahunan selamanya atau minimal satu tahun pertama. Pastikan bahwa fasilitas bebas iuran tahunan itu tanpa syarat. Dengan kata lain anda perlu menanyakan apakah ada syarat yang mengikuti fasilitas tersebut. Karena ada KK yang mensyaratkan adanya pembelanjaan dalam jangka waktu tertentu (misal 3 bulan pertama) atau nominal pembelanjaan tertentu(misal 300rb) untuk mendapatkan gratis iuran tahunan pertama. Dengan fasilitas ini anda tidak perlu kehilangan uang bila tidak pernah menggunakan KK anda dan tidak rugi bila tidak meneruskan keanggotaan untuk tahun berikutnya.
2. Call centre. Anda perlu tanyakan apakah KK tersebut mempunyai call centre di kota anda. Hampir semua KK call centrenya ada di jakarta. Bila anda diluar jakarta,maka otomatis anda terkena biaya interlokal bila ingin mengaktifkan kartu, bertransaksi cicilan tetap atau keperluan informasi lainnya sampai menutup kartu. Sementara call centre KK sama seperti call centre operator telepon,banyak menunya dan kemungkinan dioper2 ke petugas2 CSO ada. Bayangkan saja jika itu telpon interlokal,pemborosan lagi kan.
3. Pembayaran tagihan. Anda juga perlu menanyakan atm bank mana saja yang menerima pembayaran KK tersebut dan alangkah baiknya jika bank tempat anda menabung atmnya bisa menerima pembayaran KK yang akan anda ajukan. Jangan sampai anda kesulitan dalam membayar tagihan anda karena terbatasnya atm yang menerima pembayaran kartu kredit anda.
4. Bunga dan jatuh tempo pembayaran. Carilah yang bunganya paling rendah baik untuk pembelanjaan ataupun penarikan tunai. Umumnya bank menetapkan 3,5 % untuk pembelanjaan dan 4 % untuk penarikan tunai. Tapi ada juga yang menawarkan bunga lebih rendah dari itu. Sedangkan untuk jatuh tempo pembayaran carilah yang paling panjang. Agar anda punya kesempatan "bernafas". Rentangnya sì antara 15-20 hari setelah tanggal cetak tagìhan. Tanyakan pula apakah tanggal cetak tagìhan bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Tanggal cetak tagihan adalah tanggal dimana pencatatan transaksi ditutup untuk 1 bulan periode penggunaan kartu kredit. Tanggal jatuh tempo berkaitan dengan tanggal cetak. Jadi anda bisa memperkirakan apakah pada saat jatuh tempo anda pasti punya uang untuk membayarnya. Bagi yang gajian di awal bulan pilih yang tanggal jatuh temponya diawal,agar aman. Demikian pula yang gajian diakhir bulan,pilìh yang tanggal cetaknya ditengah bulan sehingga tanggal jatuh temponya bisa pas disaat anda gajian.
4. Fasilitas cicilan tetap. Carilah KK yang memiliki fasilitas cicilan tetap dimana dengan fasilitas ini anda bisa mencicil pembelanjaan anda dengan bunga jauh lebìh rendah dari bunga pembelanjaan biasa (bisa 1% sampai 0%). Fasilitas ini akan sangat bermanfaat bila anda berniat membeli barang seperti elektronik,komputer,hp ato furnitur. Jika tujuan anda memiliki KK untuk membeli barang2 tersebut, maka pilìhlah KK yang sering memberikan promo bunga 1% ato 0% ditoko2 yang menyediakan barang yang anda taksir. Maka sering2lah melìhat promo di mall2 agar tahu KK mana yang paling sering memberikan promo yang anda butuhkan.

Saya rasa cukup itu dulu. Semoga setelah membaca artikel ini anda sudah bisa menjatuhkan pilihan.Bila ada yang ingin menambahkan dengan senang hati saya terima.

Salam berbagi,

QQ

Tidak ada komentar: